Ini Wilayah Dengan Kebun Sawit Terluas di Jawa

oleh -840 Dilihat
oleh
infosawit
Dok. SawitFest 2021/foto: Miftahurrohman

InfoSAWIT JAWA, ANYER – Pulau Jawa memang bukan menjadi sentra perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Namun bukan berarti di Pulau Jawa tidak ada sama sekali lahan perkebunan kelapa sawit.

Diungkapkan Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Provinsi Banten, Agus M. Tauchid, areal perkebunan kelapa sawit di Provinsi Banten merupakan menjadi wlayah terbesar di pulau Jawa, pada acara workshop  yang digelar Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (Aspek-PIR).

“Adapun perkebunan sawit di Banten telah luas 18.999 hektar,” katanya saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Ia merinci, perkebunan kelapa sawit di Provinsi Banten didominasi oleh perkebunan besar negara yang mencapai 9.604 hektar atau 53,06 persen. Kemudian, perusahaan besar swasta seluas 2.149 hektar dan perkebunan sawit rakyat tercatat 38,7 persen atau 6.886 hektar.

“Perkebunan sawit rakyat dengan pola Perkebunan Inti Rakyat atau PIR sendiri mencapai 6.286 hektar,” katanya.

Dengan kondisi itu, dalam rangka mendukung program peremajaan sawit rakyat atau PSR, fokus kegiatan PSR di Banten lebih banyak ditujukan kepada petani PIR, khususnya anggota Aspek-PIR Banten.

Saat ini, kata dia, realisasi Program PSR di Provinsi Banten baru mencapai 1.258 hektar, sehingga potensi kelapa sawit PIR yang harus diremajakan masih sangat besar. (T5)

Artikel ini telah tayang di InfoSAWIT Sumatera dengan judul © Berita Sawit – Provinsi Ini Menjadi Pemilik Perkebunan Sawit Terluas di Pulau Jawa – InfoSAWIT Sumatera


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silakan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT JAWA atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)