Indonesia Bisa Jadi Leader Minyak Sawit Dunia

oleh -522 Dilihat
oleh
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT JAWA, BALI – Direktur Pemasaran Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Dwi Sutoro, mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan besar untuk bisa mengatur industri kelapa sawit global.  Dwi menilai, hal tersebut bukan sekadar angan-angan semata, mengingat industri sawit nasional, telah sukses membawa Indonesia menjadi pemain utama dunia, terutama dalam produksi minyak sawit mentah (CPO).

Saat ini, lanjut Dwi, Indonesia merupakan negara yang berkontribusi sekitar 55 persen terhadap minyak sawit dunia, dan 42 persen minyak nabati dunia.  “Kalau kita dua minggu saja tidak ekspor, itu kan banyak yang teriak-teriak.  Artinya, itu kan kekuatan yang luar bisa.  Kita harus mendikte dunia,” ujar Dwi, dalam wawancara menjelang  Musyawarah Nasional (Munas) XI Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) yang dihadiri InfoSAWIT Jawa, di Bali, Rabu (8/03/2023).

Dwi mengatakan, Indonesia sebagai industri sawit terbesar harus menjadi barometer bisnis komoditas tersebut.  Indonesia harus bisa berdaulat dalam mengelola perkebunan sawitnya sendiri. “Mulai dari cara melakukannya, penentuan teknologi di hulu, bagaimana menggunakan robotik sistem, pemupukan yang benar, dan penggunaan benih yang unggul”, kata Dwi, lebih lanjut, “Kita harus punya roadmap yang luar biasa”.

Menurut Dwi, perlu dorongan besar dari berbagai pihak, baik pemerintah, organisasi, maupun para petani, untuk memaksimalkan perkebunan kelapa sawit Indonesia. Karena menurutnya, pengelolan industri kelapa sawit, tidak hanya di hulunya (perkebunan kelapa sawit-red) saja, tapi juga harus di hilirnya. Di satu sisi partner bisnis harus memberikan advice yang dapat memperkuat produktivitas dan strategi dalam pengembangan bisnis sawit.

“Pada rantai pasok minyak sawit, jika hilirnya bermasalah atau terkena masalah, pasti di hulunya juga akan kena dampaknya,” tandas Dwi. (T1)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silakan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT JAWA atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)