Dorong Kemitraan dan Percepatan Peremajaan Sawit Rakyat

oleh -274 Dilihat
oleh
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, BALI – Diungkapkan Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Musdahlifah Machmud, hidup adalah sesuatu yang dipinjamkan, sebab itu sumber daya alam mesti dikelola dengan baik,

Lebih lanjut tutur Musdhalifah, bersyukur bahwa kini organisasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) semakin kuat dan menjadi organisasi yang top banget. “Kita sadari anugerah yang diberi, maka waktunya membagi anugerah bagi rakyat, mari kita bantu kemitraan PSR menjadi lebih maju,” kata Musdhalifah pada acara Musyawarah Nasional (Munas) XI GAPKI yang dihadiri InfoSAWIT, Rabu (8/3/2023) di Bali.

Berbagai kemajuan yang dicapai pada Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), merupakan bagian dari kemajuan industri sawit nasional. Kemitraan dan komunikasi, terus  dilakukan para pemangku kepentingan usaha perkebunan kelapa sawit. “Apabila masih ada kritik dan saran, silahkan disampaikan kepada Dirjen perkebunan, Kementerian Pertanian RI,” ungkap Musdhalifah.

Kata Musdhalifah, kemitraan dan komunikasi terus ditingkatkan, seiring meningkatnya perkebunan kelapa sawit. “Terima kasih atas kemitraan dan Peremajaan Sawit Rakyat, dalam membangun minyak sawit berkelanjutan selama ini,” tutur Musdhalifah.

Melalui hastag #UntukEkonomiIndonesia, Musdhalifah mengharapkan dukungan semua pihak, untuk bersama-sama membangun industri kelapa sawit menjadi lebih baik di masa depan. Sebab itu, pengelolaan berkelanjutan harus dilakukan berlandaskan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). “Pengelolaan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan, berlandaskan ISPO menjadi kemajuan bersama,” ujarnya.

Diakui Musdhalifah, masih adanya kekurangan dan kesalahan pada perjalanan pembangunan minyak sawit berkelanjutan, menjadi bagian proses yang harus dilakukan. “Banyak ilmu pengetahuan dari para pelaku perkebunan belum merata,” ungkapnya.

Musdhalifah juga mengharapkan dukungan dari anggota Gapki, guna terlibat di berbagai daerah, guna memajukan industri kelapa sawit nasional. “Mari bersama-sama mendorong Rencana Aksi Nasional Sawit Berkelanjutan di berbagai daerah,” tandas Musdhalifah. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silakan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT JAWA atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)